Webinar series #1 merupakan serangkaian acara dari Biotechfest #4 X Soft Launching Desa Wisata Ledoknongko, yang mana acara ini merupakan acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bioteknologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Biotechfest #4 ini menjadi sedikit berbeda dikarenakan pada tahun ini, HIMABITEK menggandeng Tim Provesi Mantap, sehingga dilakukan penggabungan acara Biotechfest dengan kegiatan Soft Launching Desa Wisata Ledoknongko sebagai desa binaan dari PHP2D Provesi Mantap. Disamping itu, Biotechfest #4 kali ini merupakan serangkaian acara yang berupa webinar series #1 dan #2, lomba poster, serta lomba video kreatif.

Melalui media ZOOM Cloud Meeting beserta streaming You Tube pada Sabtu (19/02) telah dilaksanakan Webinar series #1 dengan mengangkat tema mengenai “Peran Bioteknologi dalam Menjaga Kehalalan Produk” . Webinar pagi ini dihadiri oleh pembina HIMABITEK, Ketua panitia Biotechfest#4 X Soft Launching, jajaran dosen Bioteknologi, serta kurang lebih 160 peserta yang telah hadir pada webinar ini. Pemateri pada Webinar series #1 pagi ini meliputi Prof. Dr. Ir. Tridjoko Murti, DEA yang mana beliau adalah direktur dari LPPOM MUI serta Ibu Sharfina Mutia Syarifah, B.Sc., M. EngTech yang merupakan Dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Pada Webinar series #1 diawali dengan sambutan-sambutan oleh perwakilan panitia dan dosen yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi. Penyampaian materi yang pertama yaitu oleh Prof Dr. Ir. Tridjoko Wisnu Murti, DEA. Dalam materinya, beliau menyampaikan closing statement yang menyatakan “You’re what You eat” yang artinya “diri kalian merupakan cerminan dari apa yang kalian makan, baik buruknya diri kalian tergantung dengan apa yang kalian makan”. Setelah itu dilanjutkan penyampaian materi kedua oleh Ibu Sharfina Mutia Syarifah, B.Sc, M.EngTech. Pada penghujung materinya beliau menegaskan bahwasannya Bioteknologi itu luas, tidak hanya mencakup bioteknologi pertanian namun terdapat konsentrasi ilmu lain yang dipelajari didalamnya yang meliputi kesehatan, bakteri, industri, dan lain sebagainnya. Musalnya di bidang industri, kita memerlukan peran teknologi biotek agar tidak mencemari lingkungan untuk mewujudkan biotechnology green. 

Dengan menghadirkan pemateri yang luar biasa, panitia berharap setelah dilakukan Webinar series #1 ini dapat menambah wawasan mengenai peran bioteknologi untuk kehalalan produk. Masih dalam serangkaian acara Biotechfest #4 X Soft Launching, pada Ahad (13/03) akan kembali diselenggarakan Webinar Series #2 yang akan menghadirkan pemateri yang tidak kalah hebatnya.