Dalam jurusan Bioteknologi ini kita akan mempelajari dasar- dasar Mikrobiologi. Mikro itu sebutan untuk sebuah objek yang kecil dan sangat kecil.

Saking kecilnya rata- rata harus dilihat oleh alat yang disebut mikroskop. Mempelajari mikrobiologi ini cukup unik karena kita akan mempelajari makhluk hidup dan tipe- tipenya.

Fokus Jurusan Bioteknologi dan Mikrobiologi

Dalam jurusan ini kita akan mempelajari lebih dalam Mikrobiologi. Saking pentingnya pelajaran Mikrobiologi Ini terkadang dijadikan jurusan yang terpisah.

Karena pelajaran mikrobiologi ini akan mempelajari banyak fokus. Sedangkan dalam jurusan teknologi biologi ini hanya akan mengenalkan pengenalan dasar. Namun tetap saja jurusan ini sangat penting bila kita hendak menjadi ilmuwan atau para ahli yang akan terjun dalam konsentrasi mikro biologi.

Mikrobiologi ini memiliki segudang cabang keilmuan. Oleh karena itu sangat wajar bila salah satu universitas menempatkan secara khusus mikrobiologi sebagai jurusan tertentu. Berikut beberapa jangkauan mainstream dari pelajaran Mikrobiologi:

Mikro Biologi Perminyakan

Mikrobiologi yang terfokus terhadap ilmu minyak bumi merupakan salah satu cabang dari ilmu mikrobiologi yang cukup terkenal. Tentunya ahli- ahli mikrobiologi ini dibutuhkan untuk para industri minyak bumi.

Fokus ini akan mengembangkan bagaimana mikroorganisme yang hidup menjadi produk minyak berkualitas. Disamping itu ilmu Mikro Biologi perminyakan ini memang dibutuhkan untuk kajian penelitian. 

Biasanya perusahaan asing sering membutuhkan tenaga ahli ini untuk terus mengembangkan kualitas perminyakan. Namun jurusan ini kian mulia karena akan menolong ekosistem. 

Dalam artian untuk membersihkan beberapa reaksi dari insiden seperti tumpahan minyak dan lain- lain. Sehingga fokus ilmu ini salah satunya adalah penanganan terhadap tatanan lingkungan akibat limbah- limbah minyak yang sering terjadi di daerah tambang lepas pantai.

Saking beresikonya sudah pasti tenaga ahli ini sangat spesial di mata perusahaan. Apalagi perusahaan industri perminyakan di Indonesia juga tidaklah sedikit.

Tidak sembarang tenaga ahli yang akan bekerja dibidang ini. Namun yang paling sering adalah kurangnya sumber daya manusia yang tersedia. Dapat dikatakan jurusan Bioteknologi ini sering dibutuhkan dan paling jarang pesaing dikarenakan kurangnya minat terhadap jurusan ini.