Skip to main content
PMB UNISA

Program Studi Bioteknologi UNISA Gelar Seminar “Peran Ilmu Bioteknologi di Bidang Kesehatan dan Pertanian”

Program Studi Bioteknologi UNISA Gelar Seminar

“Peran Ilmu Bioteknologi di Bidang Kesehatan dan Pertanian”

Ilmu pengetahuan semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Perkembangan tersebut tidak bisa lepas dari pengaruh semakin berkembangnya masalah yang terjadi di masyarakat. Salah satu contoh masalah yang sangat pesat berkembang adalah pada bidang kesehatan yang tidak pernah luput dari pemberitaan sehari-hari. Isu gizi buruk dan krisis pangan merupakan hal yang masih menjadi pembahasan utama negara-negara dunia. Masalah tersebut merupakan problematika serius terutama bagi negara berkembang. Komoditas pertanian merupakan sumber pangan utama masyarakat dunia. Ketersediaan hasil pertanian yang berkualitas dan keberlanjutan menjadi solusi terbaik untuk isu gizi buruk dan krisis pangan yang terjadi.

Bioteknologi hadir memberikan peluang yang menjanjikan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia seperti fenomena gizi buruk dan krisis pangan. Teknologi yang semakin berkembang berimplikasi pada semakin berkembangnya penerapan bioteknologi yang dapat dilakukan hingga saat ini. Bioteknologi tidak hanya berperan di bidag kesehatan dan pertanian saja tetapi hingga bidang lain yang terkait seperti bidang forensic. Bioteknologi telah banyak berperan dalam memberikan solusi berbagai masalah yang menyangkut kehidupan secara umum, akan tetapi bioteknologi sendiri masih belum banyak dikenal dan dipahami masyarakat pada umumnya. Berangkat dari hal tersebut, Program Studi Bioteknologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta bermaksud mengadakan seminar yang bertema “Peran Ilmu Bioteknologidi Bidang Pertanian dan Kesehatan” pada hari Senin, 22 Januari 2018. Tujuan dari seminar ini adalah megenalkan ilmu bioteknologi serta aplikasinya kepada masyarakat khususnya bagi guru biologi SMA di Yogyakarta.

Seminar ini akan dibagi menjadi dua sesi untuk dua materi yang berbeda. Materi pertama akan dibawakan oleh Prof. Triwibowo Yuwono selaku Ketua Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia Komisariat Yogyakarta. Sesi pertama ini akan mengangkat tema “Urgensi Bioteknologi Pertanian Secara Global”. Sesi seminar kedua akan disampaikan oleh Kompol. Bowo Nurcahyo, S.Si., M.Biotech. selaku Ahli Forensik DNA Kepolisian Republik Indonesia. Materi seminar kedua akan mengangkat tema “Bioteknologi Dunia Forensik”. Adapun ketentuan dalam mengikuti seminar ini, yaitu:

  1. Peserta adalah guru biologi SMA se-Yogyakarta
  2. Peserta wajib melakukan pendaftaran melalui link bit.ly/formulirseminarbiotek
  3. Peserta yang berhasil mendaftar akan mendapatkan konfirmasi melalui email/sms
  4. Peserta yang telah mendapatkan konfirmasi, berhak mengikuti seminar tanpa dipungut biaya apapun.

Program Studi Bioteknologi UNISA berharap dengan adanya seminar ini, masyarakat memiliki pengetahuan mengenai ilmu bioteknologi serta aplikasinya. Selain itu Program Studi Bioteknologi UNISA juga ingin menjalin silaturahim dengan masyarakat mengingat Program Studi ini masih baru di UNISA. Harapan lebih jauh lagi ke depan muncul banyak ahli bioteknologi baru di Indonesia yang dapat berperan aktif dalam membantu memberikan solusi bagi masalah-masalah yang menyangkut kehidupan secara umum terutama di Indonesia.

Link download pengumuman seminar bisa di download disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *