Skip to main content
PMB UNISA

Mahasiswa Bioteknologi UNISA Mendapatkan Juara II Dalam PKM Muhammadiyah 2017

  Program Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (PKMM) merupakan elemen yang penting pada sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam mewadahi  setiap kegiatan mahasiswa yang bertujuan  untuk mengembangakan ide dan menumbuhkan jiwa kreativitasnya. PKMM merupakan bagian dari Forum Group Diskusi Teknologi (FGDT) fakultas teknik Universitas Muhammadiyah seluruh Indonesia, saat ini sudah masuk ke FGDT ke VIII, sedangkan untuk PKMM  adalah yang ke V. Terdapat 5 bidang PKM yang dapat dipilih, yaitu PKM kewirausahaan, PKM karsa cipta, PKM penelitian, PKM teknologi, dan PKM pengabdian masyarakat.

    Pada PKMM tahun ini, Program Studi Bioteknologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta turut serta dalam mengikuti kompetisi tersebut pada bidang   Kewirausahaan (PKMM-K). Adapun judul PKMM-K yaitu “ PAY PAY AHOY (Pie Yoghurt) MAKANAN SEHAT SAHABAT BAGI PENCERNAAN”. Tim prodi bioteknologi terdiri dari 5 anggota yaitu Pilar Rosatrua Firyalunfah, Hamiyawati Qoimatu Dini Al-Faruqi, Doddy Sulistiaean Widodo, Baiq Annisa Fatona dan Miftah Khairati Bethan. Keikutsertaan tim PKMM-K program studi bioteknologi ini merupakan peluang untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi yang diharapkan mampu memberikan inovasi khususnya pada  Mahasiswa Program Studi Bioteknologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Hal tersebut merupakan sebuah kekuatan yang besar untuk menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. Kegiatan ini akan menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk menjalankan perannya sebagai mahasiswa aktif yang mempunyai prestasi dan keinginan untuk membawa nama baik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta di lingkup nasional.

   Ide PKM-K proram studi bioteknologi berhasil lolos pada tahap penilaian atau penjurian laporan akhir dan berlanjut pada tahap berikutnya. Jumlah tim yang lolos pada seleksi  tahap penjurian laporan akhir PKMM terdiri dari 42 peserta yang terbagi kedalam 17 tim dari 7 Universitas Muhammadiyah di Indonesia. Seluruh tim dari berbagai universitas yang lolos selanjutnya mengikuti seleksi babak final yang dilaksanakan pada tanggal 28 November -01 Desember tahun 2017 yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Mataram berlokasi di daerah NTB (Lombok) sebagai tempat penjurian sekaligus tuan rumah PKMM dan FGDT tahun ini.

    Semua tim yang mengikuti seleksi babak final mengikuti beberapa tahap penilaian diantaranya yaitu tahap presentasi laporan akhir dan tahap presentasi poster serta produk. Mahasiswa program studi bioteknologi yang mewakili tim prodi bioteknologi untuk mengikuti seleksi babak final yaitu Pilar Rosatria Firyalunfah dan Hamiyawati Qoimatu Dini Al-Faruqi yang kedua nya merupakan mahasiswa prodi bioteknologi semester 3.

  Alhamdulillah setelah melalui beberapa proses tahap sebelumnya dan membawa tim  kami berhasil masuk tahap final , dengan penuh kepercayaan diri dan semangat serta persiapan yang matang hingga hasil membawa kami juga dinobatkan sebagai juara II melalui pengumuman berdasarkan penilaian dewan juri . Ini adalah langkah awal perjalanan kami untuk terus  dapat berprestasi sehingga dapat membawa nama  baik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, selama kegiatan PKMM berlangsung ,tidak ada halangan apapun sehingga  selama mengikuti  kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Dengan didapatkan prestasi ini , sebagai motivasi untuk kedepannya agar dapat terus berprestasi dan untuk tetap menjadi mahasiswa aktif yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *